Trading

Buat kamu yang suka trading tapi ga mau cut loss.

Saya ingin ngomong sesuatu yang jujur kepada Anda sebentar. Ini mungkin ga terlalu enak, tapi bakal sangat baik untuk kelangsungan umur trading Anda, yaitu, penggunaan cut loss.

Cut loss ini kadang kita abaikan, cuekin, atau bahkan diutak atik semau hati. Misalnya kita sedang buy, harga turun dan sudah mau mengenai cut loss kita. Tapi eh, kita turunin lagi cut lossnya, supaya ga kena.

Sampai kapan Anda mau trading kayak gitu?

Pernah ga kalian mengalami masa sedang hoki – hokinya. Yaitu mau buy atau sell apaaaa aja harganya nurut dan profit pun ditangan.

Gimana? Enak kan rasanya? Akan tetapi, kita ga bisa dong setiap hari “hoki” dan ada kalanya kita harus mengalah dan mengaku salah terhadap diri sendiri. Kadang kita buy, harga malah turun. Yasudah cut loss.

Tapi kadang hati ini ga enak rasanya, seolah – olah ada suara yang bisik begini, “nanti kalo naik lagi gimana? Setelah cut loss harga malah balik gimana?”

Akhirnya niat untuk cut loss pun kita abaikan.

Tapi bukannya berbalik, harga malah makin dalem turunnya. Anda tanya ke broker “ini gimana?” dan kemudian dijawab “yaudah di locking aja, tadi kan uda buy, supaya ga loss dalem yaudah buka sell lagi aja”

Kalau dilihat, masuk akal sih. Tapi ya itu hanya menunda “kematian” account Anda.

Bagaimana kalau begini…

Kan Anda uda belajar tuh gimana trading yang bener. Yang bener ya! Bukan yang hanya lihat youtube sembarangan comot metode terus dipake. Setiap metode itu punya cara cut loss yang berbeda beda. Ada rules – rules yang ada sehingga ketika level tertentu ditembus maka kita harus cut loss.

Dengan metode yang benar, cut loss itu akan terlihat dengan jelas dimana tempatnya. Nah, ketika kita trading dengan satu metode tertentu maka sudah sepantasnya Anda patuh dan taat pada metode tersebut.

Cut loss ya cut loss. Take profit ya take profit. Ga bisa entry ya ga entry. Gitu. Titik.

Sekarang kita berpikirnya coba diubah sedikit. Jadi dalam benak kita, cut loss ini sebagai penjaga kita. Yang jagain account kita ga habis ya karena kita punya level cut loss ini.

Ibaratnya ketika harus diamputasi, ya amputasi. Kalau dibiarin bisa jadi seluruh tubuh yang kena. Dengan memiliki pola pikir seperti ini tentu Anda tidak akan lagi segan – segan melakukan cut loss bukan?

Bukan hanya berpikir seperti itu, tapi coba pikir untuk masa depan ya. Kalau sekarang account Anda $5000 deh, dan Anda harus cut -$500, setidaknya Anda masih punya $4500 lagi untuk bisa berjuang dikemudian hari.

Tapi kalau misalnya rugi $500 ini Anda biarin, lama lama jadi -$700, -$1000, -$2500. Saya yakin kalau sudah floating -$2500 dari account $5000 Anda pasti tidak akan cut. Anda akan berpikir, “yaudahlah biarin, uda terlanjur dalam”

Akhirnya yang harusnya cut -$500 tadi selamat, Anda malah terjebak di dalam floating minus ataupun posisi yang terlocking. Makan tak enak, tidurpun tak nyenyak.

Ga mau kan kayak gitu?

Kalau Anda sudah belajar dari metode di 8 Trading Gates ataupun Price Action, Anda pasti tahu di level mana Anda akan cut loss dan berapa lot yang sesuai untuk account trading Anda. Lebih baik belajar terlebih dahulu baru tempur di market. Ok?

Let the profits be with you!
Trading Academy ID

2 thoughts on “Buat kamu yang suka trading tapi ga mau cut loss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *