Trading

Cara mulai Investasi Saham

Pernahkah Anda mendengar kata “SAHAM” ?

Mungkin anda sering mendengarnya seperti “pemegang saham”, “harga saham naik”, “investor saham”, “trading saham”, “kaya dari saham”, dsb.

Nah apa sih saham itu ? Bagaimana kita bisa menjadi kaya dari saham ? Dan kenapa saham bisa menjadi salah satu instrumen untuk mengembangkan uang Anda dan menjadi kaya ?

Nah kita akan gunakan ilustrasi untuk menjelaskan seperti apa saham itu.

Budi berjualan bubur ayam dan setiap hari bubur jualan Budi sangat laris manis. Karena saking larisnya Budi merasa satu kios saja tidak cukup dan menampung begitu banyak permintaan. Lalu Budi pun berpikir untuk buka cabang baru namun modalnya belum ada. Lalu dia pun mengumpulkan beberapa temannya untuk menjadi pemodal bisnisnya, termasuk Anda.

Sebagai gantinya, nanti Budi akan membagikan keuntungan dari bisnis nya kepada teman-temannya dan Anda. Sebagai bukti bahwa Anda merupakan salah satu pemilik usaha tersebut, maka Anda mendapatkan saham.

Jadi saham adalah tanda / bukti kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan tersebut.

Dan seiring berjalannya waktu bisnis Budi berkembang semakin maju dan maju sehingga merek Budi menjadi sangat terkenal. Budi dan Anda pun memutuskan untuk mengembangkan perusahaan tersebut namun membutuhkan modal yang lebih besar.

Dengan tujuan mendapatkan dana untuk ekspansi, maka Budi dan Anda mendaftarkan perusahaannya di Bursa Efek Indonesia. Dengan dijual umum, maka investor yang bisa dicapai oleh Budi menjadi terbuka lebar. Siapapun yang punya rekening saham bisa membeli saham Budi.

Nah, mekanisme perdagangan saham sebenarnya hanya sesimple ini saja. Ada perusahaan yang butuh dana untuk tujuan apapun, dia dapat menjual kepemilikannya kepada Anda dan saya.

Bursa Efek Indonesia adalah tempat perusahaan-perusahaan besar menjual sahamnya kepada publik. Bank BRI, Bank BCA, Indofood, Gudang Garam sebenarnya adalah seperti Budi dalam cerita di atas. Hanya, skalanya saja yang lebih besar.

Nah apa manfaatnya untuk kita ?

Dengan bisa membeli saham perusahaan-perusahaan yang terlisting di Bursa Efek Indonesia, Anda bisa menjadi seorang entrepreneur. Untuk menjadi seorang entrepreneur, biasanya Anda membangun bisnis dari 0, seperti Budi tadi.

Namun Anda sekarang cukup membeli perusahaan yang sudah jadi dan sudah menghasilkan keuntungan setiap tahunnya, dan Anda akan jadi pemilik perusahaan tersebut. Tentu Anda mau dong memiliki bisnis sekaliber Indofood, BCA, Gudang Garam? Saham-saham tersebut pun sudah bertumbuh ribuan persen sejak 2009 sampai saat ini. Luar biasa bukan?


Resiko Trading dan Investasi Saham

Namun begitu Anda perlu tahu bahwa investasi saham itu high return tapi juga high risk. Banyak orang yang rugi, putus asa, dll karena rugi dari investasi maupun trading saham. Tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi, oleh karena itu sebelum Anda mulai trading atau investasi, sebaiknya Anda belajar dulu.


Lalu kalau mau belajar saham, mau mulai darimana?

Pertama – tama Anda WAJIB memiliki rekening dana investor/nasabah yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftarkan diri Anda di sekuritas.

Salah satu sekuritas yang kita rekomendasikan adalah Phillips, karena Anda bisa langsung daftar online melalui apps POEMS. Melalui apps ya, kalau di web belum bisa soalnya.

Kemudian pilih “saya melakukan pembukaan rekening melalui cabang/sales” kemudian pilih “Tegal”

Kenapa Tegal? Karena kita memiliki rekan di cabang Tegal yang bisa bantu Anda agar pembukaan rekening lebih mudah.

Kalian bisa konfirmasi ke Chris 082123652735

Setelah membuka rekening, barulah Anda belajar bagaimana melakukan analisa. Cara baca chart dan melihat laporan keuangan perusahaan.

Analisa teknikal, tidak peduli barangnya apa..Mau saham, forex, komoditas, bahkan kalo cabe ada chartnya juga bisa kok. Hehehe..Karena analisa teknikal berkembang dari zaman ke zaman, bahkan dulu seorang pedagang beras bernama Munehisa Homa menggunakan candlesticks untuk menganalisa harga beras. Jadi bisa untuk apapun.

Kalau Anda mau belajar metode cara belajarnya bisa melalui online course yang sudah kita buat. Pelan – pelan dari sana barulah Anda bisa bertumbuh sebagai seorang trader.

Let the profits be with you!
Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *