Trading

Contingency Plan in Trading

Dalam banyak hal di hidup kita, kita biasanya akan memiliki rencana cadangan atau istilahnya adalah plan B. Pesawat memiliki emergency procedure yang akan dilakukan dalam situasi darurat. Selalu akan ada tim medis yang bersiap di dalam semua acara olahraga. Atau kotak P3K di dalam mobil Anda.

Semua hal tersebut ada karena satu hal, risiko!

Dalam hal apapun pasti ada risiko. Tapi tunggu dulu, disini saya tidak bicara tentang stop loss bla bla bla..Stop loss itu adalah hal basic yang wajib semua trader lakukan. Tapi banyak yang tidak ngajarin apa yang harus dilakukan begitu stop loss kita disentuh. Ya iyalah orang mereka semua belajarnya dari buku, bukan dari praktek langsung!

Buku apapun tentang trading, pasti ngajarin stop loss. Stop loss itu membatasi risiko, kemudian konsep risk to reward. Artikel ini memang tidak ditujukan untuk pemula by the way, tapi kalau Anda pemula, silahkan baca dulu sampai habis supaya pikiran Anda tidak keburu tertanam konsep yang salah. Ada yang bilang analisa Anda tidak harus benar lebih banyak, asal risk to reward Anda tinggi maka nanti akhirnya Anda akan dapat uang juga.

Jadi risk to reward itu yang dianjurkan biasanya adalah 1:2, artinya apa? Artinya Anda merisikokan 1 untuk dapat 2. Jadi , kalau dalam 10x trading Anda hanya berhasil menebak 4, berarti rewardnya adalah 4×2 = 8 dan risiko Anda adalah 6×1 = 6. Jadi pada akhirnya Anda tetap untung 8 – 6 = 2. Jadi Anda tidak perlu benar menebak lebih banyak untuk bisa untung. Kedengarannya bagus..

Kalau nebak benar aja bisa dibawah 50%, lebih baik Anda lempar koin saja deh. Hehehehe..kan koin kalo ga gambar ya angka.. jadi 50:50 itu memungkinkan. Market juga pilihannya cuma 2, kalau ga naik, ya turun.

Ok tanamkan dalam pikiran Anda, market itu pilihannya cuma 2. Kalau ga naik ya turun. Berarti kalau seharusnya gerakannya adalah naik, tapi dia ga naik, berarti dia mau apa?? Hah? Apa? Ga kedengeran…

Market kalau harusnya naik, tapi ga naik ya berarti dia mau turun! Very simple!

Itu juga yang saya lakukan pada tradingan saya tanggal 20 September 2018 kemarin.

Yak, abaikan ketika saya buy gold 1 lot di yang paling atas. Anda langsung lihat ke ketika saya melakukan sell gold sebesar 2 lot dan 1 lot, jadi total adalah 3 lot. Dimana hasilnya adalah saya menerima kerugian sebesar (-$132) dan (-$154) jadi totalnya dalah (-$286).

Pada saat itu, saya melakukan cut loss gold di area 1203.68 dan 1203.67 dan menerima loss -$286. Dan begitu saya cut loss langsung saya melakukan buy sebesar 6 lot (2 kali lipat dari 3 lot) di 1203.64 dan kemudian buy lagi sebesar 1 lot ketika harga di 1204.72

Kenapa saya begitu berani merubah posisi saya sebesar 2x lipat?

Ini alasannya..

Pada saat itu, inilah yang saya harapkan terjadi dari gold. Karena sudah terjadi bearish divergence dan price action menunjukkan ada kemungkinan gold akan membentuk pola head and shoulders seperti yang sudah kita bahas di The Battleplan – Online Course yang mana pattern ini memiliki probability sangat tinggi untuk turun.

Hal ini idealnya akan membawa gold itu turun hingga 1198 – 1197.

Saya juga ada bilang di telegram kita di t.me/tradingacademyid agar kita menyiapkan rencana cadangan begitu gold gagal turun maka kita akan langsung balik buy.

Eh ternyata gold malah terbang dan mengenai cut loss kita di 1207.6 🙁

Sebetulnya saya agak terlambat melakukan cut loss, pada saat gold breakout terjadi, saya sedang makan di luar dan ketika saya sedang santai menonton dan melirik chart barulah saya sadar gold gagal turun. (Jangan diikuti yah, hal ini tidak baik).

Saya menunggu sebentar pada saat gold turun lagi ke 1203 baru saya melakukan cut loss dan langsung balik buy sebesar 6 lot.

Saya pun melakukan take profit di area 1209an. Alasannya adalah harga tersebut sudah bergerak lebih kurang 50 pips. 50 pips adalah range ideal untuk melakukan profit taking dari gold. Maka saya take di 1209, meskipun harga sempat naik ke 1211 lagi tapi saya tidak ambil pusing. Yang penting, profit sudah di tangan.

Akhirnya saya menutup hari itu dengan sukacita membukukan profit hingga $3000an dengan menerapkan sebuah konsep sederhana, yaitu contingency plan ini.

Saya ingat pepatah Wall Street yang berkata “an average trader close their position when they are wrong. A great trader REVERSE their position when they are wrong.” Tanpa sebuah mindset seperti itu, saya hanya bisa duduk melihat account saya menjadi berkurang $300. Dengan mindset ini, saya membuat account saya berkurang $300 kemudian mendapatkan $3752, nett masih untung $3400an.

Analisa, pasti bisa salah. Saya analisa harga gold harusnya turun, tapi tidak turun. Jadi saya legowo melakukan cut loss dan langsung balik melakukan buy. Market tidak bisa dipaksa, hanya bisa diikuti.

Anda bisa ikuti pelan – pelan pembahasan disini dan niscaya Anda bisa merasakan kemana arah market akan pergi.

Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya

Let the profits be with you!

Felix – Trading Academy ID

One thought on “Contingency Plan in Trading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *