Trading

German CPI Data Release, How Euro Will Respond to it?

Good day Traders!

Hari ini akan ada data yang lumayan penting untuk kita sebagai traders maupun investors perhatikan yang datangnya dari Benua Eropa. Data yang akan direlease adalah Consumer Price Index dari German, The Biggest Economy Zone in Europe. Datanya akan direlease hari ini, Selasa 30 Juli 2019 tepatnya pada pukul 19.00 WIB (GMT+7).

 Nah, CPI sendiri penting untuk kita perhatikan karena data ini akan memperlihatkan kekuatan dari daya beli masyarakat lokal maupun tourist yang sedang berada di German, baik itu membeli barang maupun membeli jasa. Kegunaan dari data ini adalah, kita jadinya bisa untuk mengetahui kekuatan ekonomi yang sedang terjadi di German. Semakin tinggi CPI, menandakan bahwa roda perputaran ekonomi semakin cepat dan bertumbuh, begitu juga sebaliknya.

Tetapi, terlalu tinggi CPI dan terlalu cepat pertumbuhan ekonomi akan berujung kepada inflasi yang semakin tinggi juga. Oleh karena itu, CPI ini harus dijaga levelnya karena akan langsung berpengaruh ke level inflasi juga, jadi tidak semerta – merta kenaikan yang sangat tinggi dari CPI akan memperkuat nilai dari Euro juga ya. Dan untuk diketahui, CPI German pada bulan Juni adalah 1.6%. dan untuk bulan July ini, CPI diprediksi akan turun ke level 1.5%.

Jadi, sekian penjelasan singkat tentang CPI, kita sekarang lihat langsung ke chartnya.

Figure di atas adalah currency pair dari EURUSD timeframe Daily. Nah, karena memang minggu lalu pergerakan dari EURUSD tidak terlalu signifikan, jadi Analisa dari minggu lalu tentang pair ini masih berlaku ya. Seperti support yang bertahan sesuai Analisa minggu lalu, dan jika memang swing low akan terjadi di area harga sekarang (1.11426) maka besar kemungkinan EURUSD akan naik untuk melakukan rebound, didorong dari news tentang CPI ini. Tapi setelahnya, saya masih melihat bahwa EURUSD kenaikannya hanyalah rebound saja atau secondary reaction, yang di mana primary reactionnya masih akan turun ke bawah. Analisa ini harus dikonfirmasi dengan terjadinya swing high di area harga 1.12000 maupun di bawah harga ini nantinya.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *