Uncategorized

Hasil Rapat 350 Ekonom German di ZEW, akan membawa EUR/USD ke Mana nih?

Good day Trader!

Hari ini, Selasa 16 July akan ada 1 news yang lumayan berpotensi untuk mempengaruhi pergerakan harga dari EUR/USD, tepatnya akan muncul beritanya jam 16.00 WIB (GMT+7). Berita apakah itu?

Berita ini dikenal dengan sebutan ZEW Survey Expectation. ZEW sendiri merupakan singkatan dari Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung, yang artinya adalah Center for European Economic Research. Nah, survey ZEW ini meliputi beberapa area, sektor dan region, tapi pertanyaan – pertanyaan yang digunakan untuk survey ZEW hanya yang berhubungan dengan keadaan ekonomi German saja.

Dari data ini, untuk kita sebagai traders maupun investors akan cukup mudah membacanya karena data yang direlease hanya memperlihatkan perbedaan jumlah dari para ekonom yang menganggap bullish untuk keadaan ekonomi German dilawankan dengan para ekonom yang menganggap bearish.

Dari data survey yang dikeluarkan, jika hasilnya adalah negative, maka artinya kebanyakan ekonom menganalisa bahwa keadaan ekonomi German sedang bearish. Jika hasilnya positif, artinya mayoritas menganalisa sedang bullish.

Contohnya, jika 20% dari ekonom menganggap ekonomi German sedang memburuk, 30% menganggap tidak ada perubahan dan 50% nya lagi menganggap keadaan ekonomi German akan membaik, maka hasil survey ZEW ini akan menunjukkan angka positif 20. Ini akan menjadi signal bullish untuk keadaan ekonomi German dan kemungkinan yang akan terjadi adalah bertumbuhnya ekonomi German untuk jangka waktu menengah. Dan untuk data bulan ini yang direlease, ekspektasi dari para ekonom di sana adalah menurunnya lagi keadaan ekonomi German, dari – 21.1 di bulan Juni dan kemungkinan di bulan ini menjadi -22.

Lalu, mengapa data dari survey ini masuk dalam Analisa kita di WTF? Karena memang kita melihat bahwa data dari ZEW survey ini lumayan berpengaruh terhadap perekonomian makro German sendiri. Sebagai contoh, tahun lalu di 2018 survey dari ZEW memberikan data dari awal tahun yang dinilai positif 20.4, berselang 7 bulan setelahnya menjadi -25 itu memberikan dampak ke pertumbuhan ekonomi German, yang semulanya 2.2% di tahun 2017 menurun menjadi 1.5% di tahun 2018.

Nah, kalau sudah mengerti sekarang tentang newsnya, mari kita lihat dari perspective teknikal analisis di currency pair EUR/USD

Figure di atas menunjukkan chart dari EUR/USD di timeframe daily pada tanggal 16 July 2019. Nah, jika bagi pecinta chart pattern, sudah pasti tidak asing lagi dengan chart pattern 1 ini yang mempunyai kemungkinan muncul di currency pair ini. Yes! Ini adalah HnS (Head and Shoulder) yang di mana chart pattern ini akan memberikan signal kepada kita bahwa setelah terjadinya chart pattern ini, kemungkinan besar harga akan turun setelahnya.

Tapi perlu diketahui, sekarang EUR/USD belum menyelesaikan chart pattern HnS ini ya, floating price sekarang masih berada di area untuk membuat bahu keduanya, yang di mana harusnya swing high terjadi di area harga 1.3315. dan untuk mengkonfirmasi Analisa ini, breakout dari neckline di area harga 1.11887 diperlukan.

Jadi saya rasa memang cocok kemungkinan hasil survey dari ZEW dan perspektif dari chart, semua menunjukkan bahwa akan ada pelemahan untuk Euro sebagai mata uang dari negara – negara European Union.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *