Trading

How to handle a losing period

Trader seperti pada semua profesi lain, pasti pernah mengalami down..Seringkali down ini diakibatkan karena loss beruntun yang dihadapi si trader. Menghadapi losses memang merupakan hal yang pasti terjadi setiap kali si trader klik tombol buy maupun sell. Tapi yang membedakan trader newbie dengan professional trader adalah bagaimana sikap dan attitude mereka dalam menghadapi saat – saat loss.

Loss tidak bisa dihindari, itu mutlak! Seperti seorang petinju yang kena tonjok di ring, koki yang tergores pisau, maupun pesepakbola yang cedera. Loss sebenarnya adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah ekspektasi kita terhadap market. Ada saatnya loss terus menerus dan ada saatnya profit beruntun..Semuanya sama

Ketika Anda belajar dari The Battleplan Online Course dan 8 Trading Gates pun kita katakan bahwa tidak ada metode yang sempurna dan tidak ada yang namanya holy grail yang bisa menjamin Anda untuk tidak loss..Metode paling hanya memberikan 55% – 65% kesempatan untuk berhasil dan itu sudah lebih dari cukup!

Kalau sekarang Anda sedang mengalami loss beruntun, apa yang harus dilakukan?

1. Jangan mengganti metode trading

Kebanyakan trader newbie ketika dihadapkan pada satu kondisi losses, mereka akan langsung secara otomatis mengganti metode trading mereka. Hal ini hanya akan memperparah kondisi. Karena ketika mereka menggunakan metode baru, mereka masih harus melakukan adaptasi dan hasilnya belum tentu cocok untuk mereka.

Mengganti metode tidak akan mengubah keadaan karena setiap metode juga bisa gagal toh..Jadi yang seharusnya Anda lakukan adalah tetap lakukan apa yang selama ini Anda lakukan, jangan diubah karena kalo Anda gunakan metode itu terus menerus juga suatu hari akan profit lagi.

2. Stay away from the chart

Ketika sudah loss beruntun, saya biasanya akan stay away dari chart bisa jadi seminggu atau dua minggu sampai saya sudah betul – betul sudah siap untuk tempur lagi. Bahkan saya pernah puasa trading berbulan – bulan karena menunggu moment yang tepat.

Dengan menjauh dari chart, Anda bisa refresh pikiran Anda. Dengan Anda bisa pergi dari chart, secara psikologis Anda tahu bahwa Anda tidak bergantung dengan trading. Karena, ketika Anda tergantung dengan trading, tradingan Anda tidak akan bagus karena Anda dibawah tekanan

3. Ketika kembali ke pasar, jangan kecilkan lot Anda!

Ketika Anda loss beruntun, Anda sudah stay away dan ketika Anda kembali, biasanya akan muncul perkataan dalam hati “kayaknya lot kemarin kegedean deh” (kalau emang kegedean ya emg harus dikecilkan)..Tapi kalau lot Anda sebenarnya normal – normal aja, tetap konstan di lot yang sama aja.

Karena trading itu harus Anda jaga, jangan sampai turun kelas. Kalau biasa normalnya adalah 1 lot, ya udah 1 lot aja terus..mau loss mau profit, 1 lot aja (kecuali di saat tertentu Anda boleh gedein). Bayangkan kalau misalnya pas loss, Anda rugi 50 pips 2x di XAUUSD jadi total loss itu 100 pips. Transaksi Anda 1 lot, total loss Anda lebih kurang adalah $1000..Anda down, terus Anda lakukan seperti saran kita di atas. Tapi ketika Anda masuk kembali ke market dan trading, Anda untung 100 pips, tapi lotnya sekarang Anda kecilkan jadi 0.5 lot. Secara pips Anda impas, tadi Anda masih rugi dalam uangnya karena lot Anda kecilkan..

Member – member dalam mentorship selalu kita bimbing setiap hari ketika trading, karena setiap hari kita briefing, alhasil mereka bisa menghadapi losing period dengan lebih baik dan memiliki arahan yang jelas. Kita tidak akan segan – segan untuk nyuruh member stop trading jika kita lihat mereka sudah mulai melenceng. Hal ini dilakukan agar semua member bisa selamat dan mendapatkan satu pengalaman yang positif dalam forex trading.

Manfaatnya adalah Anda tidak lagi sendirian ketika menghadapi hal – hal tidak enak di market. Anda akan dibimbing step by step dari Anda yang newbie hingga bisa menjadi profitable dan professional trader.

As always

Let the profits be with you Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *