Trading

How to handle your fear in trading

Ketika trading pasti ada sedikit rasa takut. Takut ketinggalan momen, takut harga berbalik, takut harga kena stop loss lalu jalan, takut di depan ada news, takut ini, takut itu..

Well, kalau Lo baca artikel ini sampai habis gue janji, Lo bakal tahu gimana caranya mengelola rasa takut Lo!

Kita tahu, takut merupakan satu emosi PASTI dirasakan semua manusia..Terlepas dia seorang trader atau bukan..

Apalagi menjadi trader, setiap harinya pasti akan menghadapi sebuah kondisi dimana seorang trader itu harus mengambil suatu keputusan dan keputusan itu bisa jadi salah bisa jadi benar. Kalau salah, maka dia akan mengalami kerugian dan kalau benar ya untung.

Kita juga demikian, kita ada rasa takut dalam trading juga. Tetap ada masanya ketika kita akan ngasih sinyal dan kita ragu , kita takut kehilangan momen tapi juga takut ternyata salah. Alhasil kita tidak melakukan trade dan tidak kasih sinyal.

Harganya ternyata berjalan seperti prediksi awal.

Well, itulah kenyataannya sebagai seorang trader. Itu bukan hanya sekali, tapi bisa berkali – kali loh. So santai aja, kehilangan momen sekali jangan langsung emosian..Itu bedanya trader yang uda matang sama tidak..

Jangan karena hanya gara – gara satu trade Lo mengubah gaya trading Lo seluruhnya. Not wise brother!


Lalu gimana supaya tidak takut lagi?

Ini ada beberapa cara yang biasa gue lakukan. Gue akan mikir gini, “kalau ternyata tidak berjalan sesuai rencana, apa worst case nya?”

Dalam kesehariannya trading, ya paling kena stop loss kan. Stop loss kan dari awal sudah dianggarkan max berapa dollarnya. Yaudah, there is nothing i can do more!

Kalaupun loss, apakah masih ada capital? Kalo jawabannya masih ya berarti bisa trading lagi kan? Loss tadi masih bisa di trade balik.

Kalau jawabannya tidak, alias margin call..Pertanyaan berikutnya apakah gue masih bisa deposit lagi? 

Kalo bisa yaudah berarti no problem kan?

Kalo ga bisa, yaudah toh kan deposit yang disetorkan sejumlah uang yang sudah siap hilang kan? 

(Inget kan kita selalu bilang deposit sejumlah uang yang bisa Lo tanggung dan ini konsisten di SEMUA message kita gitu, kalo Lo sanggupnya cuma $100 ya udah segitu aja ga usah maksa $1000 gitu..Makanya aja galau)

Intinya gini, cara handle rasa takut itu adalah DIHADAPI. Apa sih worst casenya? Ketika uda tau worst case nya kita akan sadar, “Oh kayaknya ga seberat itu..” Jadi takutnya jadi pudar.

Gue pake cara kayak gini terus kapanpun gue takut. Gue tetap bisa rasain takut kok, tapi ketika takut datang gue cukup mikir, “worst casenya apa nih?” pelan – pelan takutnya ngilang.

Lo coba deh kayak gitu, jangan takut – takut ga jelas bro. Semoga ini bermanfaat buat Lo..

Let the profits be with You
Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *