Trading

Keunggulan Menjadi Seorang Investor

Jadi pada artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan 5 keunggulan menjadi seorang Trader. Perlu saya garis bawahi bahwa menjadi seorang Trader itu sebenarnya berbeda dengan menjadi seorang Investor. Cara menganalisa yang berbeda, tujuannya pun berbeda dan masing – masing memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Dan di artikel kali ini, saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Investor, apa yang digunakan investor untuk menganalisa dan apa keunggulan yang bisa didapatkan jika kita menjadi Investor.

Apa sih pengertian Investor?

Jadi, Investor itu adalah seorang dan bisa juga sebuah perusahaan yang membeli saham sebuah perusahaan lain dan biasanya mereka mengharapkan imbalan balik dari penanaman modal yang mereka lakukan dalam bentuk Dividen. Dengan kata lain, mereka adalah pelaku investasi.

Nah, biasanya para investor ini dalam melakukan analisanya sebelum menanamkan modal mereka ke suatu perusahaan, mereka akan melihat dari sisi Fundamental perusahaan yang akan mereka beli sahamnya. Mereka akan melihat prospek perusahaan yang akan dibeli sahamnya bagaimana ke depannya melalui laporan keuangan perusahaan tersebut, bisa dilihat dari Cash Flownya lancar atau tidak, business modelnya bisa bersaing di pasar atau tidak, pembagian dividennya teratur atau tidak dan lain sebagainya.

Dan seringkali, para Investor ini menanamkan modalnya dalam rentang waktu yang lama, setidaknya 1 tahun dan bahkan sampai puluhan tahun. Bisa dibilang target mereka itu untuk mendapatkan Dividen secara Long-Term.

Berbeda sekali jika kita bandingkan dengan para Trader, dari sisi menganalisanya pun sudah berbeda. Kalau Investor lebih suka melihat dari sisi Fundamental, seorang Trader akan lebih banyak melihat dari sisi Teknikal, menganalisanya dari melihat Chart harga dari sebuah perusahaan yang ingin dibelinya.

Targetnya pun berbeda antara Trader dan Investor, jika Investor mengharapkan Dividen dan secara Long-Term, Trader lebih suka mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual saham suatu perusahaan. Dan ini bersifat Short-Term. Akan sangat jarang menemukan seorang Trader yang menahan sahamnya dalam waktu di atas 6 bulan, bahkan bisa saya katakan tidak ada Trader yang seperti itu, karena jika seorang Trader menahan sahamnya hingga di atas 6 bulan, seharusnya dia menjadi seorang Investor dan melakukan Analisa dari sisi Fundamentalnya ketimbang Teknikal.

Lalu, Apa Keunggulannya Menjadi Seorang Investor?

Ada 3 keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika ingin menjadi seorang Investor:

1. Memiliki target harga yang lebih jelas ke depannya ketimbang seorang Trader.

Karena seorang Investor lebih banyak menggunakan sisi Fundamental dalam melakukan analisanya, biasanya mereka akan memiliki target harga saham yang lebih jelas ke depannya karena mereka mampu untuk menghitung harga wajar suatu perusahaan.

2. Tidak perlu untuk melakukan Analisa setiap hari.

Seorang Investor biasanya hanya perlu memperhatikan laporan keuangan dari suatu perusahaan yang dilaporkan dalam 1 tahun sekali, jadi mereka tidak perlu untuk melakukan Analisa setiap hari pada perusahaan yang mereka tanamkan modal. Dan juga hal itu dikarenakan mereka lebih memfokuskan pada pendapatan dividen bukan dari capital gainnya, jadi jikalau pun perusahaan tersebut harga sahamnya jatuh, selama Fundamental perusahaan itu masih bagus tidak akan berpengaruh banyak bagi seorang Investor.

3. Bisa untuk menambah Passive Income.

Karena yang diharapkan para Investor adalah mendapatkan bagian dari Dividen, itu berarti mereka mengharapkan untuk perusahaan yang ditanamkan modal agar membagikan sebagian keuntungan yang didapat oleh perusahaan itu kepada mereka. Dengan kata lain, tanpa mereka harus aktif terlibat dalam kepengurusan perusahaan itu, merekapun bisa tetap mendapatkan bagian dari hasil keuntungan perusahaan tersebut.

Nah, jadi begitulah penjelasan tentang apa itu Investor dan sedikit penjelasan tentang Trader itu apa. Dan untuk Anda yang memiliki minat dalam pasar keuangan, baik itu di saham maupun di forex, akan lebih baik jika Anda mempunyai pengetahuan terlebih dahulu tentang dunia keuangan ini. Dan di Trading Academy, Anda akan belajar step by step cara agar Anda bisa trading dan berinvestasi dengan benar, sehingga Anda tidak terjebak dengan iming – iming cuan yang sangat besar, dan Anda akan memiliki ekspektasi yang realistis.

“Let the Profits Be With You”

Kim – Trading Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *