Trading

Loss gede di tahan, profit dikit diambil..

Teman teman #Tim yang mana nih?

Sekarang lihat baik – baik behavior trading kita. Kita langsung to the point aja deh..

Siapa disini yang kalau loss gede ratusan pips ditahan..Tapi profit baru 10 pips diambil. Kalau disaham mungkin bagi yang loss 50% ditahan, tapi profit 4% aja uda gatel mau di close? Hayo ngacungggg!! Saya juga soalnya, tapi dulu hehehe :p

Oke, Anda tahu kan kenapa ga boleh seperti itu?

Hm..bagi yang ga tahu, kalau kita loss ratusan pips ditahan, tapi profit 10 pips diambil maka kita memerlukan banyak sekali trade untuk bisa recover dari kerugian tersebut. Di saham juga demikian.

Katakanlah kita berani nahan loss 100 pips, tapi TP hanya 10 pips (kelihatannya ga serakah..karena sering berdalih “saya trading ga serakah kok Cuma ngincar 10 pips”). Meskipun Anda punya winning rate 90% (dimana ini ga mungkin), maka skemanya akan seperti ini:

Loss (-100 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Win (+10 pips)

Net loss: -10 pips

Bayangkan dengan winning rate 90% aja pun, masi hilang duit! Gimana kalau kita Cuma 50-50?? Makanya account jebol dan margin call.


Cut your losses short and let the profits run

Setidaknya, Anda perlu memiliki mindset seperti di atas. Loss itu dibatasin, jangan dibiarin! Kalau dibiarin bisa berabe seperti skema diatas.

Idealnya adalah perbandingan resiko dan reward dalam trading forex maupun saham itu bisa diatas 1:1. Kalau kita biasanya berpegang pada skema 1:1 deh minimal. Karena untuk ketemu 1:2 itu susah banget. Apalagi di dalam market yang sedang loyo.


Bagaimana mengatasi problem di atas?

Lantas, bagaimana caranya menanggulangi problem mengenai loss yang ditahan di atas?

Dulu, jawaban yang saya dapatkan adalah, “kamu belum siap kaya” (asemmmmmmm)

Setelah dipikir – pikir ya bener juga karena saat itu sama sekali saya ga siap megang duit gede.

Take it slow… Semakin Anda terburu – buru mau kaya ya jadinya berantakan semua. Trading ga bisa bikin kita makin kaya kok.. Bisnis juga, dsb ga akan bisa bikin kita kaya kalau kita sendiri ga nyiapin diri.

Yang saya lakukan adalah PAKSA diri saya untuk diam dan stick to the trading plan. Begitu masuk, langsung aja pasang SL dan TP. Kena ya udah deh..

Kita harus bisa PAKSA diri kita untuk ngikutin otak kita. Dengan begitu, kita bisa jadi semakin “sadar” akan tindakan kita. Dengan kita makin sadar akan tindakan kita, maka performance kita pasti akan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat !

Let the profits be with you.
Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *