Trading

Resiko Terjun ke Dunia Keuangan Tanpa Persiapan

Dalam hal peperangan, jika suatu kerajaan ingin bertempur dengan kerajaan lain, pastilah raja – raja dari tiap kerajaan akan mengumpulkan seluruh jendral dan komandan pasukannya terlebih dahulu untuk menyiapkan strategi sebelum mereka mengirimkan pasukannya ke medan pertempuran. Mereka harus melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu karena target mereka hanyalah 1, yaitu MENANG.

Karena jika mereka kalah, maka kerajaan yang kalah pastilah akan menderita suatu kerugian yang amat besar. Kehilangan prajurit – prajuritnya, kehilangan tanah kekuasaan, kehilangan benteng – bentengnya bahkan sampai kehilangan rajanya itu sendiri. Oleh karena itu, di dalam setiap peperangan mau tidak mau, mereka harus memastikan bahwa kerajaan merekalah yang menang.

Nah, kalau di dunia financial, pasar keuangan itu bisa diibaratkan dengan medan pertempuran di mana ada 2 kerajaan yang selalu berperang di sana, yaitu kerajaan Bull dan kerajaan Bear. Dan tugas kita sebagai pelaku pasar, kita harus mampu untuk memilih kerajaan mana yang akan menang, karena konsekuensinya jika kita salah memilih dan kalah, tentu kita akan kehilangan hal yang berharga dari kita, yaitu Uang. Bagi saya, uang adalah hal yang berharga, bahkan ada bisnis yang fokus pada penyediaan jasa penyimpanan uang untuk umum yang kita kenal dengan Bank. Bukankah itu membuktikan bahwa uang itu sebetulnya sangatlah berharga? Bagaimana menurut Anda?

Karena yang dipertaruhkan di dunia keuangan itu adalah Uang atau Modal, bisa diibaratkan kalau di dalam pasar keuangan modal itu seperti “Nyawa” kita yang jika habis berarti kita mau tidak mau harus walk out dari pasar keuangannya. Oleh karena itu, saya tidak akan pernah mau masuk ke dalam medan pertempuran sebelum saya menyusun strategi – strategi terlebih dahulu.

Ketahuilah teman – teman, kenapa saya menjelaskan jika pasar keuangan ini seperti “medan pertempuran”? Ini dikarenakan pasar keuangan adalah Zero Sum Game yang berarti, jika ada pihak yang menang, maka pastilah ada pihak yang menanggung kekalahan. Dengan kata lain, jika kita profit, maka akan ada pihak yang loss dan begitu juga sebaliknya, jika kita loss maka berarti ada pihak yang profit. Tidak ada yang namanya “Semua Menang” di dalam Zero Sum Game ini. Pegang baik – baik fakta itu.

Milikilah mindset bahwa jika Anda sudah memutuskan untuk menggeluti dunia keuangan, pastikan bahwa tujuan Anda adalah untuk menumbuhkan modal Anda menjadi lebih banyak, jangan sebaliknya. Seriuslah dalam menyusun strategi – strategi yang hendak Anda gunakan dan perdalamlah ilmu Anda di dalam hal berinvestasi dan trading. Ingat, tujuan kita terjun ke dunia keuangan adalah untuk “Mendapatkan Uang” bukan malah menyumbangkan uang.

Sedikit disclaimer untuk teman – teman semua, ada banyak tipe – tipe strategi yang bisa Anda gunakan di dalam pasar keuangan, dan perlu diketahui bahwa setiap strategi itu tidak akan ada yang bisa memberikan probability keuntungan kepada Anda 100%. Tidak akan ada! Maka dari itu, carilah strategi yang bisa memberikan probability kemenangan yg terbesar untuk Anda. Sebagai contoh, strategi yang saya sukai dan sering saya gunakan adalah dengan melihat Price Pattern.

Dan untuk Anda yang tertarik dengan dunia keuangan, baik itu di saham, forex, commodities dan futures, sebaiknya sebelum Anda terjun Anda telah memiliki ilmu dan mengerti tentang dunia keuangan terlebih dahulu, agar Anda bisa mempersiapkan diri Anda. Dan di Trading Academy, Anda akan belajar step by step cara agar Anda bisa trading dan berinvestasi dengan baik dan benar, sehingga Anda tidak terjebak dengan iming – iming cuan yang sangat besar, sehingga Anda akan memiliki ekspektasi yang realistis.

“Let the Profits Be With You”

Kim – Trading Academy

One thought on “Resiko Terjun ke Dunia Keuangan Tanpa Persiapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *