Trading

Strategi Trading dan Investasi Saham Big Caps dan Small Caps

Pernahkan Anda mendengar kata “saham bluechips’’ dan “saham gorengan”?

Sebenarnya apa sih yang dimaksud saham bluechips dan saham gorengan?

Bagaimana caranya meraih keuntungan dari saham bluechips maupun gorengan?

The Blue Chips

Saham Blue Chips adalah Saham-saham berkapitalisasi besar. Yang komposisinya besar banget di bursa. Kenapa di sebut Blue Chips? Karena konon katanya ketika kita ke casino, chips dengan nominal terbesar warnanya biru. Makanya disebut blue chips..

Saham blue chips ini karena sizenya besar, maka gerakannya juga tidak bisa lincah. Coba Anda bayangkan saja ikan paus. Sizenya besar dan ga bisa lincah kan? Kecuali bis besar tayo yang ngehits di instagram..hahaha

Saham “Gorengan”

Saham gorengan adalah saham small caps, yang kapitalisasinya kecil. Sebenarnya kita jangan bilang ini “gorengan” karena berkonotasi negatif. Padahal sebenarnya saham berkapitalisasi kecil ini bisa datengin keuntungan juga, cuma perlu hati-hati.

Ciri – ciri saham small caps ini adalah sahamnya lincah dan gerakannya cepat.

Meskipun lincah dan gerakannya cepat, gampang untuk naik, tapi masalahnya ada di likuiditasnya yang kecil.

Apa itu likuiditas? Likuiditas adalah seberapa ramai diperdagangkannya saham tersebut pada hari perdagangan. Logikanya kalau misalnya lihat sebuah saham itu bagus dan Anda ingin beli Rp 1M, tapi yang jual ga sebanyak itu, maka Anda tentu tidak bisa beli sebanyak Rp 1M bukan?

Otomatis Anda harus mengecilkan size beli Anda. Nah, problem seperti ini banyak sekali terjadi di saham small caps. Secara chart bagus, tapi likuiditas tidak mendukung sehingga Anda tidak bisa beli banyak.

Sedangkan jika di saham big caps Anda bisa beli sebesar itu karena ramai diperdagangkan. Jadi ketika Anda beli Rp 1M, maka ada juga yang jual sebanyak itu.

Mana yang lebih bagus?

Antara blue chips dan small caps ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau saya boleh saran, Anda lebih baik berurusan dengan saham blue chips saja.

Karena saham blue chips ini memiliki resiko likuiditas yang tidak terlalu besar. Jadi, lebih tidak bikin jantungan.

Memang saham yang small caps ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat, tapi problem likuiditas ini jangan dipandang sebelah mata lho. Karena bisa jadi hari ini transaksinya Rp10M tapi besoknya bisa ditinggal pergi. Sejenis sakit tapi tak berdarah.

Jadi itu dulu ya, untuk sharing kali ini, semoga Anda jadi tahu bedanya dan bagaimana cara menghadapinya.

Let the Profits be with You

Felix – Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *