Trading

Tips Cara Mudah Membaca Chart

Untuk Anda semua yang masih belum pernah ataupun yang masih baru terjun ke dunia keuangan, pasti pernah mendengar yang namanya Chart. Apa sih sebenarnya Chart itu? Apa fungsi yang bisa didapatkan dari membaca Chart? Mudah gak membaca Chart?

Nah, sebelum saya akan menjawab beberapa pertanyaan di atas, saya ingin memberi tahu kepada semua pembaca artikel ini bahwa di dalam dunia keuangan, Anda pasti akan menemukan hal yang disebut Chart, pasti! Karena fungsi utama chart itu adalah untuk menggambarkan harga barang yang diperdagangkan, mulai dari harga bukanya, harga tertingginya, harga terendahnya dan sampai harga tutupnya di dalam suatu kurun waktu tertentu.

Jadi jika Anda ingin terjun dan menggeluti dunia keuangan, wajib hukumnya untuk Anda mengerti dan mampu membaca chart. Dan untuk bisa membaca chart, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan agar Anda tidak keliru ketika Anda dihadapkan dengan semua chart dari berbagai macam barang yang diperdagangkan.

Pertama – tama, hal yang harus Anda ketahui adalah, ada 3 jenis chart yang tersedia di dunia keuangan, tetapi hanya ada 1 yang digunakan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia, yaitu Candlestick Chart. Jika Anda sudah pernah setidaknya melirik platform – platform perdagangan instrument keuangan, pastilah Anda pernah melihat Candlestick Chart ini.

Nah, gambar di atas adalah contoh dari Candlestick. Ada beberapa kalimat yang menunjukkan bagian – bagian dari tubuh Candlestick itu yang akan saya jelaskan :

  1. Low (harga terendah) – menandakan harga pernah menyentuh level tersebut (terendah).
  2. Lower Shadow – menandakan harga pernah melewati level tersebut tetapi ditolak ke atas.
  3. Open – menunjukkan harga buka dari setelah penutupan harga sebelum
  4. Real Body – menunjukkan range harga dari harga buka ke harga tutup.
  5. Close – menunjukkan harga tutup dari setelah pembukaan harga.
  6. Upper Shadow – menandakan harga pernah melewati level tersebut tetapi ditolak ke bawah.
  7. High (harga tertinggi) – menandakan harga pernah menyentuh level tersebut (tertinggi).

Nah, dan untuk Candlestick ini kebanyakan Anda akan menemukannya dengan warna Hijau dan warna Merah. Untuk warna Hijau itu menandakan kalau harga Open lebih rendah daripada harga Close, yang terkenal dipanggil dengan istilah “Bull”, dan untuk warna Merah menandakan bahwa harga Open lebih tinggi daripada harga Close, untuk yang ini biasanya kita panggil dengan istilah “Bear”.

Kalau Anda sudah membuka platform untuk memperdagangkan instrument keuangan, maka akan banyak Candlestick yang akan menggambarkan harga, dimulai dari kiri hingga ke kanan.

Dan akan Anda temukan jika yang mendominasi adalah Candlestick Bull maka harga itu akan terlihat bergerak ke arah atas, dilihat dari kiri ke kanan. Dan begitu pula sebaliknya, jika Anda menemukan Candlestick Bear yang mendominasi, makan harganya akan terlihat bergerak ke arah bawah.

Pergerakan pasar ke atas atau ke bawah itu, dikenal di kalangan investor dan trader dengan sebutan “Trend”.

Jadi teman – teman, cara termudah untuk Anda bisa membaca Chart dengan baik apapun tipe Chartnya, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah melihat ke mana arah Trend itu berjalan. Dan dari pengalaman saya, untuk Anda mampu melihat arah Trend, kita harus bisa mengerti dulu komponen yang membentuk Trend itu, yaitu Chart. Dan kenapa saya memilih Candlestick, karena Candlestick yang paling banyak digunakan dan yang paling visual menunjukkan harga buka hingga tutup di pasar keuangan. “Selalu ikuti arah Trend” adalah kunci membaca chart dengan mudah.

Dan untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam lagi, tentang hal – hal seputar pasar keuangan, atau Anda tertarik untuk menjadi Trader maupun Investor, dan ingin mendapatkan hasil dari pasar keuangan. Di Trading Academy Anda akan mempelajari step by step bagaimana caranya Anda trading dan investing yang baik dan benar sehingga Anda tidak terjebak dengan iming – iming cuan yang sangat besar, dan Anda akan mempunyai ekspektasi yang realistis.

“Let the Profits be With You”

Kim – Trading Academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *