Trading

Trading Technique

Ada 2 (dua) hal dalam eksekusi trading yang perlu kita kuasai, yaitu tau di mana masuk dan tau di mana keluar.

Banyak orang itu cuma fokus mencari dititik di mana entrynya, pake apa entrynya, waktu kapan entry, dsb.

Itu penting, betul, tapi di mana kita akan keluar juga merupakan hal yang sama pentingnya. Bahkan kalo boleh dibilang, exit itu sedikit lebih penting. Karena pada akhirnya yang menentukan posisi itu profit atau loss adalah ketika kita melakukan exit.


ENTRY TECHNIQUE

Entry ini bisa menggunakan beberapa teknik yang sudah sering kita ajarkan, misalnya ABCD pattern yang merupakan pola dasar yang sangat sederhana digunakan dalam trading.

Kalo misalnya lupa, ini bentuknya..

Atau misalnya lu gunain pola – pola seperti pennant, flag, DBW, falling wedge dan sejenisnya. Nah itu bakal sangat jelas tuh entrynya dimana.

Oh ya, sedikit reminder nih, kita ga gunain pattern tok gitu aja, tapi kita juga ada perhatiin price actionnya. Price Action itu apa sih? Silahkan temen – temen cek ya postingan kita tentang price action. Harusnya bisa paham.

Tapi gabungin pattern dan price action ini nanti kita akan bahas di lain waktu dulu. Kali ini murni bahas entry dan exit doang.

Lalu exitnya gimana?

Exit ini caranya enggak kaku ya harus di A atau di B. Kalo misalnya kita belajar soal pattern kan kita itu dikasih satu pedoman kalo sudah mencapai titik tertentu itu artinya target pattern sudah tercapai lalu keluar. Begitu kan?

Tapi gimana kalo ternyata kita lihat trendnya itu sendiri belum berbalik arah? Gimana kalo kita lihat dia ini masih bisa naik lagi, cuma musti nunggu.

Sebenarnya ya boleh – boleh saja kita tunggu, ketika target pattern dicapai bukan berarti harus exit juga kan?

Tapi, kita perlu yakin nih apakah trendnya terlihat masih kuat untuk berlanjut. Ini cukup tricky karena kita juga pernah kena begitu. Target uda tercapai, ngehold karena keliatannya mau berlanjut, ga lama kemudian tiba tiba diseret balik arah. Hahahaah :’(

Kalo bisa kita mau kasih pedoman nih supaya kita tahu batas “wajar” nya kita TP itu berapa sih? (Inget ini tergantung ke market ya, selalu cek volatility)

XAUUSD – sudah sampai 50 pips biasanya uda gocap uda oke lah kalo mau di take. Entry 1 lot dapat 50 pips kan uda sekitar $500. Lumayan…

Ini penting, selalu perhatikan tanda pembalikan arah trend di timeframe utama kalian. Kalau di timeframe utama lu ada terlihat pembalikan arah ya berarti silahkan exit. Kalau tidak ya boleh – boleh saja di hold.

Gitu dulu ya! Semoga ngebantu temen temen!

Let the profits be with you.
Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *