Trading

United Kingdom GDP Data Release, Will it Help Pound from Current Bearish Trend?

Good day Traders!

Hari ini, 9 Agustus 2019 tepatnya pada pukul 15.30 WIB (GMT+7) nanti akan ada berita yang datangnya dari Kerajaan Inggris yaitu laporan dari GDP (Gross Domestic Product). Tentu saja data ini akan sangat mempengaruhi currency dari GBP, karena news ini adalah indicator dari perekonomian makro Kerajaan Inggris, yang di mana jika hasilnya adalah positive, itu menandakan bahwa kegiatan ekonomi di sana sedang baik yang otomatis membuat demand terhadap GBP currency itu juga tinggi.

Tetapi perlu diketahui pula, apabila suatu negara GDP nya terlalu tinggi, akan menyebabkan inflasi terjadi di negara tersebut dan pastilah Bank Sentral akan menaikan suku bunga agar masyarakat lebih tertarik untuk melakukan deposito ke bank – bank demi menekan spending dari masyarakat. Tetapi, jelas biarpun inflasi bisa naik, jika memang keadaan ekonomi makro sedang positif, pengaruh ke mata uang negara tersebut akan positif karena demand yang besar juga.

Dan untuk data GDP dari United Kingdom, data sebelumnya menunjukkan bahwa GDP United Kingdom berada di level 1.8%, dan untuk GDP yang akan direlease nanti, para pakar ekonom sudah memberikan forecastnya di level 1.4%, turun sebesar 0.4%. Biasanya, jika data yang direlease lebih kecil ketimbang yang telah diprediksi, maka akan membuat GBP makin melemah, dan apabila data yang dikeluarkan lebih besar ketimbang yang diprediksi, maka GBP akan jadi positif.

Jadi, mari sekarang kita langsung lihat di chart GBP/USD untuk melihat dari sisi technical perspectivenya yuk!

Figure di atas adalah chart dari GBP/USD timeframe Daily. Jelas jika dari technical perspective, masih sangat kecil kemungkinan untuk harga bisa melawan bearish trendnya dan berubah jadi bullish trend, karena sekarang masih terlihat sangat jelas bahwa bearish trendnya masih sangat kuat dan kita tahu bahwa sebuah trend itu tidak mudah untuk berubah. Tetapi di harga 1.21017 (seperti yang dihighlight dengan garis putih) kita melihat harga mulai tertahan di sana, dan sekarang GBP/USD sedang membuat base. Itu terjadi karena di area support itu tertahan oleh Fibonacci 261.8% yang di mana itu merupakan harmonic support kita.

Ke depannya, ada kemungkinan GBP/USD akan melakukan rebound terlebih dahulu untuk menghampiri EMA 21 dan 34, lalu setelah itu seharusnya downtrend masih akan berlanjut. Jadi untuk sekarang, lebih baik untuk Anda yang suka dengan currency pair ini, fokusnya adalah mencari kesempatan Short Sell.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *