Uncategorized

United Kingdom of England CPI report release, will it Bearish or Bullish?

Good day traders!

Kemarin kita baru saja membicarakan news dari Kerajaan Inggris karena speech dari Gubernur Bank of England dan Employment change. Efeknya pun dari 2 news tersebut sudah terlihat dan sangat sesuai dengan apa yang sudah kita Analisa dari perspective technical.

Lalu hari ini, tepatnya pada pukul 15.30 WIB (GMT+7) akan ada news yang penting untuk diperhatikan juga yang datangnya dari kerajaan inggris, yaitu report dari CPI (Consumer Price Index) penduduk Inggris. Memang minggu – minggu di mana WTF di mulai banyak membicarakan soal CPI, karena memang biasanya CPI report direlease di awal bulan – pertengahan bulan, tergantung dari kebijakan negara masing – masing.

Nah, untuk membantu mengingat lagi tentang apa sih itu CPI, dan kenapa selalu kita masukan ke news di WTF jadi biarkan saya mengulas lagi dan menjelaskan sedikit tentang apa itu CPI.

Jadi Consumer Price Index itu adalah data yang dikeluarkan dari pusat badan statistic tiap – tiap negara yang memperlihatkan kekuatan dari daya beli masyarakat negaranya. Semakin tinggi CPI itu berarti semakin maju perekonomian negara tersebut, dan sebaliknya jika semakin rendah CPI maka bisa dikatakan semakin buruk perekenomian negara tersebut. Dan tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi nilai dari mata uang negara yang bersangkutan.

Dan untuk CPI dari Inggris, pada bulan Mei angkanya berada di level 2%, dan untuk bulan Juni ini para pakar ekonom mereka menganalisa bahwa CPInya akan tetap berada di level 2%, yang di mana jika actual datanya release di bawah 2%, pastilah akan membuat GBP (Great Britain Poundsterling) turun, dan kalau tetap di level 2% bahkan lebih, biasanya akan membuat GBP naik.

Nah, sekarang mari kita coba lihat dari perspective technicalnya yuk!

Jadi figure di atas adalah GBP/JPY (Great Britain Pound vs Japanese Yen), dan terlihat jelas sekali bahwa trend yang sedang terjadi adalah bearish trend, dan untuk harga sekarang pun masih terlihat ditekan dan dikuasai oleh bear market. Besar kemungkinannya GJ akan rebound dari harga 133.700 menuju 135.250 dan setelahnya baru akan melanjutkan downtrendnya lagi. Tapi tentu saja ketika harga sudah mulai rebound, kita harus menunggu konfirmasi dari swing high untuk terjadi terlebih dahulu baru kita bisa mengambil posisi short sell.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *