Trading

United States of America PCE Core Data Release

Good day Traders!

Hari ini akan ada news dari Amerika yang di mana mereka akan merelease data Personal Consumption Expenditure dari consumers yang ada di negaranya. Data ini akan direlease hari ini, Selasa 30 Juli 2019 tepatnya pukul 19.30 WIB (GMT+7).

Nah, data ini sebetulnya mirip dengan CPI, karena CPE juga melingkupi data tentang daya beli dari consumers yang ada di negara tersebut, tetapi bedanya CPE adalah perhitungan data ini hanya akan memasukkan belanja goods dan service dan mengeluarkan belanja dari makanan dan energy. Energy yang tidak termasuk terdiri dari, bahan bakar minyak, gas maupun semua yang mencakup di energy.

Jadi data ini lebih terfokuskan untuk memperlihatkan statistic pertumbuhan ekonomi USA relatif lebih stabil, karena biasanya yang mempunyai volatility tinggi itu berasal dari energy yang pastinya mengikuti pergerakan harga dari minyak dunia, juga dari volatility makanan yang memiliki volatility yang cukup tinggi juga seperti komoditas daging, nasi, gandum dan lain sebagainya.

Dan di Amerika, data ini juga biasanya yang digunakan The Feds sebagai salah satu acuan untuk mengeluarkan CPI data ke public. Jadi, memang ini salah 1 data yang lumayan penting untuk kita perhatikan juga, biarpun sesungguhnya CPI memang akan lebih berpengaruh karena lebih diperhatikan oleh traders maupun investors. Tapi tidak ada salahnya saya rasa untuk kita melihat data yang menjadi salah 1 landasan terciptanya CPI, bukan?

Nah, cukup untuk penjelasan tentang CPEnya, mari kita sekarang coba lihat di chartnya langsung.

Figure di atas adalah chart dari USD Index (DXY) timeframe daily. Nah, chart ini menunjukkan kepada kita akan kenaikan dan penurunan dari kekuatan USD itu sendiri. Ini juga adalah chart yang setiap hari saya perhatikan, karena memang saya lebih banyak trading di Major Currencies yang pastinya ada USD di dalamnya, seperti EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY. Jadi kenaikan di chart ini menunjukkan menguatnya USD, dan penurunan menunjukkan pelemahan dari USD. Biasanya chart ini akan langsung berpengaruh ke currency pair majors.

Sekarang kita lihat, sudah terbentuk chart pattern Inverted Head and Shoulders yang membuat kenaikan di DXY minggu lalu. Tetapi, sekarang harga sedang berada di level resistance di 98.25 yang di mana besar kemungkinan di sana DXY akan digiring ke bawah dahulu, dan setelahnya baru kita harus lihat, apakah besar kekuatan bearish yang akan muncul ketika menyentuh resistance atau tidak. Analisa ini akan gagal jika harga ternyata tidak membuat swing high di 98.25 dan terus melanjutkan kenaikannya.

Oleh karena DXY terlihat akan turun tertahan oleh resistance, seharusnya yang terjadi adalah currency pairs yang dilawankan dengan USD akan mengalami kenaikan.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *