Trading

USDCAD: Interest Rate Decision?

Good day Traders!

Hari ini akan ada hal menarik dari negara pohon maple, yaitu Canada. Pada pukul 21.00 WIB (GMT+7) Bank of Canada akan mengumumkan hasil rapat mereka tentang rate decision (suku bunga) nasional mereka. Tentu saja belum diketahui apakah akan dinaikkan atau diturunkan, ataupun dipertahankan di rate yang sekarang, yang berada di level 1.75%.

Tetapi dari forecast para ekonom negeri pohon maple, hasil prediksi mereka adalah akan dipertahankan di level 1.75%. Forecast dari para ekonom ini juga sekalian untuk memberi signal kepada petinggi Bank of Canada agar tetap mempertahankan interest rate mereka karena para ekonom tersebut merasa belum diperlukannya kenaikan maupun penurunan tersebut.

Untuk diketahui, penurunan interest rate biasanya akan berujung kepada terpacunya perkembangan ekonomi suatu negara dan mendorong kenaikan inflasi karena dengan lebih murahnya suku bunga, akan membuat masyarakat terdorong untuk melakukan pinjaman ke bank – bank untuk modal usaha dan sebagainya, yang nantinya akan berdampak ke lebih banyaknya pembelanjaan (spending).

Lalu, kenaikan interest rate biasanya akan berujung kepada tertahannya pertumbuhan ekonomi karena masyarakat akan lebih memilih untuk tidak menggunakan leverage dari bank (meminjam) dan otomatis spending akan berkurang, tetapi hal ini juga akan menahan laju inflasi.

Jadi, interest rate yang dikeluarkan dari bank – bank sentral setiap negara biasanya akan terlihat dari situasi pertumbuhan ekonomi negaranya dan inflasi yang terjadi di negaranya, jika yang dianalisa sudah memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang terlalu cepat, maka biasanya interest rate akan dinaikkan untuk menekan inflasi, dan begitu sebaliknya. Dan jika semua angka – angka menunjukkan pertumbuhan maupun inflasi masih di area normal, interest rate biasanya akan dipertahankan.

Nah lalu, bagaimana dari sudut pandang chart akan keputusan yang akan dilakukan Bank of Canada nanti?

Terlihat di currency pair USD/CAD timeframe daily harga sudah menyentuh support di 1.30800 dan dari harga sekarang sudah terlihat harga ingin menghormati support tersebut. Dari info ini, kemungkinan yang akan terjadi di pair satu ini adalah rebound ke harga 1.32530 untuk menyentuh daerah resistancenya dan barulah di sana kita akan menunggu apakah harga akan menghormati resistance tersebut.

Swing high di level resistance tersebut akan menjadi konfirmasi bahwa harga menghormati resistance itu. Dan setelah itu terjadi, maka harga akan melanjutkan penurunannya dan membuat lower low. Downtrend dari USD/CAD memiliki potensi yang lebih besar untuk terjadi.

Sekian News update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap harinya untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan resiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *