Trading

Waktu trading takut news merusak keadaan?

Seringkali ketika trading kita merasa terganggu dengan adanya news – news yang ada didepan kita. Kita takut news – news tersebut bisa menjungkirbalikkan harga atau malah “menghancurkan” analisis teknikal.

Benarkah demikian?

Mungkin Anda berpikir, “fundamental lebih kuat dibandingkan teknikal” karena begitu news muncul harga langsung bisa caruk maruk.

Satu hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu, NEWS ITU BUKAN FUNDAMENTAL!
News adalah announcement, that’s it!

Lalu gimana untuk mengukur “fundamental” suatu negara yang berhubungan dalam perdagangan mata uang? Well, kita lihat makroekonominya.

Apa saja ukurannya? Ada beberapa, seperti:

  • GDP (Gross Domestic Product)
  • Inflation (CPI)
  • Unemployment
  • Interest rates
  • Dsb

Kalau Anda perhatikan, news – news yang muncul selalu sekitar koridor tersebut. Jelas, karena itu merupakan indikator makroekonomi suatu negara.


Lalu, apakah news bisa menghancurkan teknikal?

Begini, begini.. menurut Anda apakah orang – orang yang “berkuasa” itu ketika lihat news baru kaget atau sebelum news tersebut muncul mereka sudah melakukan satu atau dua langkah didepan?

Ketika mereka sudah melakukan aksi satu atau dua langkah di depan, apakah market bisa mengetahuinya? Ya dan tidak.

Yang jelas adalah ketika terjadinya transaksi itu semua akan tertuang di dalam chart.

Itu makanya di dalam Dow Theory, “market actions discount everything” ini benar adanya. Bahwa segala aksi yang terjadi di market sudah tergambar semuanya. Ketika investor takut dan menjual dalam jumlah besar semua bisa terlihat melalui chart.


Apakah ada bukti kita bisa melakukan ini? Apakah kita bisa membaca chart saja tanpa perlu melihat news?

Yes, Anda silahkan cek kolom kita di web yang berjudul WTF (Whats on todays forecast). Disana kita mengulas news apa yang berpotensi mengguncang market dan gimana prediksi pergerakannya.

Misalnya ketika 22 Juli 2019 ketika Haruhiko Kuroda, Gubernur Bank of Japan akan berbicara di IMF, kita tahu bahwa akan terjadi gejolak di forex ketika petinggi bank dari berbagai belahan dunia berbicara. Apakah hasil chartnya persis seperti yang kita sudah gambarkan? Cek sendiri..

Atau ketika 24 Juli 2019 ketika rilisnya data PMI manufacture di Jerman (PMI adalah indikator ekonomi yang mencerminkan keyakinan para manajer bisnis di bidang manufaktur) apakah yang akan terjadi di EURUSD? Apakah persis seperti yang tergambar di chart? Anda cek sendiri..

Memang, bisa ada beberapa kali ternyata prediksi meleset, but thats okay! Kita disini bukan soal memiliki bola kristal bahwa harga pasti akan bergerak ke arah mana.

Tapi yang kita mau adalah kita tetap memiliki plan yang jelas dan tidak diselubungi rasa takut dalam trading meskipun ada news di depan mata kita.

Relax..

Jadi, kalau kita mau mengakui sedikit..bukan news yang menghancurkan chart itu. Tapi bisa jadi pengetahuan kita mengenai analisis teknikal belum dalam sehingga kita mencari “kambing hitam” dari gagalnya sebuah analisa.

Kita harap, kita bisa belajar melakukan analisis teknikal dengan baik. Sehingga bisa tercipta trader – trader yang confident dengan analisanya sendiri.

Let the profits be with You!
Trading Academy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *