Trading

ZEW Survey Expectations of August Report Release, Will the Result Similar as Last Month for EUR/USD?

Good day Traders!

Hari ini, Selasa 13 Agustus 2019 tepatnya pada pukul 16.00 WIB (GMT+7) nanti kita akan mendapatkan data bulanan yang muncul dari benua Eropa, yaitu ZEW Survey Expectations. Hal ini sudah pernah kita bahas di WTF pada bulan lalu, karena memang ini event yang muncul setiap bulan dari Eropa, tepatnya dari negara German yang di mana ZEW merupakan singkatan dari Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung, atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Center for European Economic Research.

Nah, di bulan lalu kita sudah membahas hal ini dan kita juga sudah menganalisa efeknya terhadap EUR/USD sebelum newsnya release, dan sesuai dengan yang sudah kita Analisa karena bulan lalu EUR/USD sedang memperlihatkan pattern Head and Shoulder yang memberi arah kepada kita bahwa currency pair itu masih akan turun terlebih dahulu, dan terjadilah demikian. Tapi itu juga karena didorong oleh hasil dari ZEW expectations yang ternyata lebih buruk dari yang diprediksi. Dan itu juga menjadi salah 1 bukti lagi kepada kita bahwa news yang satu ini akan menjadi sangat penting untuk kita perhatikan, dan oleh karena itu kita masukkan dalam WTF.

Dan untuk diketahui, pada bulan Juli lalu hasil dari ZEW Survey ini adalah -24.5 lebih buruk ketimbang bulan Juni yang berada di level -21. Lalu, prediksi dari para pakar ekonom Eropa untuk bulan ini akan turun juga ke level -28, yang di mana jika ini terjadi maka kemungkinan EUR/USD akan terdorong lebih rendah lagi, apalagi jika lebih buruk dari yang diprediksi, pasti akan membuat EUR/USD terperosok lebih dalam lagi.

Jadi, mari sekarang kita coba lihat dari technical perspectivenya, apa yang akan terjadi ke depannya.

Figure di atas adalah EUR/USD timeframe Daily. Hal yang perlu diperhatikan adalah, reaction yang sedang terjadi sekarang adalah secondary reaction yang di mana kenaikan dari EUR/USD ini harusnya hanyalah rebound saja, karena efek dari Head and Shoulders yang sudah terjadi kemarin juga membuat pair ini masih tertekan oleh Sellers. Dan sekarang ada kemungkinan ABCD bearish bisa terbentuk, kita tinggal perlu menunggu momentum dari rejection Fibonacci 61.8 di harga 1.12638 (garis putih horizontal) sampai swing high terbentuk di timeframe daily, maka itu adalah trigger kita untuk entry sell, dengan stop loss di atas area Fibonacci 61.8%

Jadi, outlook dari EUR/USD ke depannya masih memperlihatkan potensi untuk pair ini melemah ke depannya dan saya rasa hasil dari ZEW survey juga akan lebih buruk dari bulan Juli.

Sekian news update dari What’s on Today Forecast. Kita akan terus update market news setiap hari untuk membantu Anda melihat news dengan perspektif teknikal.

Let the Profits be With You!
Kimsiung – Trading Academy ID


Disclosure:
Trading Forex & Gold merupakan aktivitas trading dengan risiko tinggi. Sehingga diperlukan money management dan psikologi trading yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *